Selasa, 16 Januari 2018

Nama saya Widi Prabowo, nama panggilan sehari-hari saya Widhi. Hobi saya adalah pecinta Otomotif, saya paling senang sama yang namanya motor apa lagi kalau mendengar sebutan Drag Bike. Kenapa saya senang sama yang namanya Drag Bike? Karena saya paling suka mengadu adrenalin saya di lintasan balap.
Saya suka Drag Bike karena menurut saya itu adalah salah satu jenis olahraga di bidang balap.saya suka dengan Drag Bike mulai dari saya duduk di kelas 7 SMP dan saya sering di ajak oleh kakak sepupu saya untuk melihat bagaimana cara membawa motor dengan secepat mungkin. Waktu itu saya hampir kecelakaan akibat membawa motor Drag Bike, tetapi saya tidak putus asa untuk mengendarainya lagi.
Memang sebagian orang menganggap olahraga ini adalah salah satu olahraga yang sangat berbahaya, karena pada olahraga ini peserta di tuntut untuk mengendarai sepeda motornya dengan secepat mungkin selain itu peserta diharuskan memiliki mental yang sangat kuat.
Saya sebenarnya dilarang oleh orang tua saya untuk mengikuti olahraga seperti ini. Habis mau gimana lagi namanya juga hobi jadi pasti dilakukan. Perlu saya jelaskan bahwa Drag Bike ini bukan di hitung dari segimana motor itu berlari, tetapi Drag Bike itu di nilai oleh juri dari waktu yang tercepat.
Semua motor Drag Bike tidak ada yang menggunakan body tetapi motor Drag Bike Cuma megandalkan dari kerangka saja yang beratnya sangatlah ringan. Banyak yang di rubah dari motor Drag Bike, mungkin cuma sebagian saja yang dapat saya sebutkan yaitu seperti Seher, Ring Seher, Rasio, Cams (noken as), Kleep, dan lain-lain.
            Saya pernah mengendarai motor Drag Bike. Motor yang saya gunakan pernah mengikuti beberapa ivent-ivent balap. Memang motor ini berpenampilan sangat seram karena mesinnya sudah berkapasitas 250CC. Motor yang saya gunakan mampu melesat hingga 180-200 Km/jam, jadi perlu keahlian khusus untuk membawa motorDrag ini.
            Jenis motor yang saya gunakan adalah jenis motor automatic alias tidak memakai gigi porseneling. Tetapi saya merasakan seperti membawa motor ninja 250R, karena besarnya CC yang sama. Motor ini sering di ikuti dalam ivent balap di mana saja.
            Motor yang saya gunakan mampu menembus waktu hingga 7,3 detik dalam jarak 201 Meter. Motor ini sudah dirancang khusus untuk trak 201 Meter, jadi motor ini tidak memiliki bensin yang sangat banyak, bahan bakar yang digunakan juga bukan bahan bakar sembarangan.
            Bahan bakar motor ini adalah Bensol yang sering di gunakan oleh pesawat terbang. Motor ini menggunakan bensol karena motor ini memiliki silinder Seher yang sangat besar dan pengapian pun sudah di buat semaksimal mungkin. Selain itu motor ini juga mempunyai kompresi yang sangat besar sehingga di perlukan kadar Octan yang besar juga untuk memecahkan kompresi motor ini.
            Selain itu motor ini noken asnya sudah di rancang oleh mekanik kami dan hasilnya sangat memuaskan. Dan tidak ketinggalan susunan gear rasionya juga sudah di modifikasi sehingga langkah mesinpun semakin panjang dan motor pun mampu melesat secepat mungkin.
            Motor Drag ini tidak dapat dikendalikan oleh sembarag orang, apa lagi kalau yang mengendalikannya anak-anak kecil yang tidak tahu tekniknya, bisa-bisa anak itu terbalik dan tertimpa oleh motor tersebut. Karena motor ini jika di putar gasnya terlalu besar, motor ini dapat langsung mengangkat ban depannya. Maklum saja motor matic yang ukurannya kecil memiliki kapasitas mesin yang sangat besar.
            Saya sering sekali mengikuti Treak-treakan di jalan raya. Tetapi saya sadar kalau apa yang saya lakukan salah karena saya dapat mengakibatkan pengendara lain jadi celaka. Dan saya tidak mau mengikuti balapan di jalan raya lagi.
            Pada saat itu saya mempunyai sepeda motor yang sudah saya modifikasi mesinnya, hingga berkapasitas mesin 150CC yaitu saya memakai piston Satria f. tetapi saya belum puas dengan kecepatannya. Sehingga saya melakukan modifikasi ulang.
            Selain itu motor saya juga sudah di rubah jenis poengapiannya sehingga pembakaranpun lebih sempurna. Pada saat itu saya sudah berhenti untuk mengikuti balap liar karena itu dapat merugikan diri kita dan orang lain. Tetapi saya masih sering menyaksikan track-trackan di jalan raya.
            Waktu itu ketika saat saya menyaksikan balap liar di daerah taman mini tiba-tiba ada razia besar-besaran, saya langsung kabur untuk menghindari dari kejaran polisi tersebut. Untungnya saya berhasil melarikan diri.
            Saya ingin sekali mempunyai motor sport yang memiliki kapasitas mesin yang besar seperti motor Ducati. tetapi saya lebih suka motor 2 tak dengan alasan mudah untuk di modifikasi dalam segi kecepatan. Mungkin saya dapat memberi sedikit penjelasan untuk merubah ninja 150R.
            Meningkatkan performa mesin 2 langkah memang terkenal cukup simpel, karena komponen yang digunakan pada mesin itu lebih sedikit dibanding dapur pacu 4 stroke. Dari struktur dan cara kerjanya, mesin dua langkah memang lebih irit komponen dan langkah kerjanya pun lebih singkat dibandingkan mesin 4-Tak.
            Tak heran komponennya jadi lebih irit. Tapi pada mesin dua tak ini, beberapa peranti juga perlu diubah. Terutama pada blok mesinnya. Misal kepala silinder, kubahnya diubah demi meningkatkan kompresi. Nah ada lagi parts untuk meningkatkan performa pada bagian ini.
Katup buluh alias reed valve bisa diganti dengan bahan lebih kuat, agar pasokan bahan bakar lebih lancar dan kompresi di ruang bakar pun lebih baik, karena katup bisa bekerja cepat sesuai naik-turunnya piston. Katup buluh karbon, menjamin putaran tinggi lebih berisi Karburator, menggunakan venturi lebih besar tergantung kebutuhan Itu di saluran masuk, kini saluran gas buang pun bisa digunakan komponen peningkat performa, tak lain adalah knalpot.
Knalpot ini mampu menaikkan tenaga mesin hingga 2 dk. Begitu punperacik udara dan bensin. Ada beberapa pilihan selain menggunakan karbu standar Mikuni berventuri 28 milimeter itu. Sektor pengapian, bisa ditingkatkan dengan penggantian koil.Seperti andalkan koil dari Yamaha YZ125 atau YZ250.
peningkat daya cengkeram kampas kopling, juga bisa diaplikasikan. Dengan memakai per kopling racing, gigitan kampas kopling pun akan semakin kuat, efeknya tarikan akan berlangsung spontan. Beberapa merek seperti Ferodo atau Helios bisa jadi pilihan. Ibarat jantung pada manusia, karburator jadi organ penting dalam mesin motor.Begitu pun di Kawasaki Ninja 150 settingan karbu, dalam hal ini spuyer, kerap berhubungan sama komponen-komponen lain di mesin. Tentu hasil utama yang diraih, performa yang baik.
Agar performa Ninja kesayangan tetap baik, bahkan bisa meningkat tentu perlu penyetelan yang sesuai. Gerbangnya, tentu kebutuhan dari penunggangnya sendiri. Akan di gunakan sehari-hari, atau diajang pacu. Selain kondisi karburator yang tetap bersih, ada lagi yang perlu diperhatikan Putaran angin diperbesar seperempat putaran untuk satu step naik Spuyer, diatur sesuai kebutuhan mesin Karburator diameter besar settingan pun berubah Piston, jadi korban salah settingan spuyer.
Penyetelan karbu ini mesti dilakukan saat sudah mengetahui kondisi-kondisi lain di mesin, serta tujuannyaMaksudnya, penyetelan pada spuyer mesti disesuaikan sama kondisi mesin yang ada. Apakah sudah diporting/polished, atau ubah kompresi, atau malah masih kondisi standar. Peruntukannya pun demikian, apakah sekadar agar enak digunakan sehari-hari atau sudah untuk kebutuhan lain.
Seperti ketika hanya mengandalkan kondisi motor standar dengan karbu standar, tetapi sudah mengganti knalpot.Cukup menaikkan spuyer pilot jet dari 22,5 jadi 25, lantas setelan anginnya disetel lagi, misal standarnya dari kondisi tertutup lantas dibuka 1,5 putaran, menjadi satu tiga perempat putaran.
jika mau kondisi lebih enak lagi, tentu tak lagi andalkan karbu standar.Untuk karbu besar ini, tentu perlu perlakuan berbeda pada mesinnya. Tak sekadar porting polished, tetapi sudah mengubah intake manifold, serta coakan pada lubang masuknya, lubang transfer pun sudah pasti diperhalus. Intinya, penyetelan spuyer ini sungguh bergantung pada kebutuhan dan kondisi mesin. Mungkin sedikit informasi dari saya dapat menjadi pengetahuan bagi kita.
Mungkin saat ini saya hanya mempunyai motor matic karena saya lagi suka memodifikasi motor matic dengan menggunakan Ring 17”. Motor matic saya walaupun standard tetapi mampu melesat hingga 135 Km/jam. Mungkin tidak masuk di logika, karena motor bawaan pabrik hanya mampu melesat hingga 120 Km/jam saja. Tetapi ini fakta yang benar-benar terjadi.
Motor ini sering saya gunakan untuk aktifitas sehari-hari saya kerena motor ini sangat irit bahan bakar. Dan motor yang saya gunakan memakai bahan bakar pertamax untuk perjalanan sehari-harinya.

http://widhiprabowo.blogspot.co.id/2012/11/pengalaman-saya.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

kecepatan drag

Kali ini drag bike kembali diselenggarakan di kota apel, malang. Lomba di dataran tinggi serta temperatur yang lebih dingin menjadikan mo...

- Copyright © drag bike - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -